Hai Felisass.. Kembali lagi bersama Lalisa yang cantik! Kali ini kita akan membahas tentang budaya kerja.
Definisi Budaya Kerja
Felas, kita sama-sama tahu, bahwa budaya merupakan seluruh hasil olah cipta, rasa, dan karsa manusia yang diturunkan kepada generasi berikutnya, sebagai bagian dari kehidupan sosial bermasyarakat, dan terjadi secara turun temurun. Bagaimana dengan budaya kerja sendiri?Menurut para ahli
Banyak ahli, baik yang berasal dari akademisi, maupun praktisi memberikan definisi tentang budaya kerja. Di antaranya adalah:
1. Sulakso (2002) mengemukakan bahwa budaya kerja merupakan the way we are doing here atau sikap dan perilaku pegawai untuk melaksanakan tugas. Maka dari itu, setiap proses atau fungsi kerja harus memiliki perbedaan dalam bekerja yang mengakibatkan munculnya keberagaman nilai-nilai yang sesuai untuk diambil, dalam rangka kerja organisasi.
2. Triguno (2003) mengemukakan, bahwa budaya kerja merupakan suatu falsafah yang berlandaskan pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau organisasi, kemudian cerminan tersebut muncul dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat serta tindakan yang terwujud sebagai kerja atau bekerja.
Budaya kerja tentunya memiliki manfaat dalam dunia kerja nih Felas, berikut ini adalah manfaat-manfaatnya.
Manfaat budaya kerja
1. Meningkatkan jiwa gotong royong
2. Meningkatkan kebersamaan
3. Membangun komunikasi yang baik
4. Meningkatkan kinerja
5. Tanggap dalam perkembangan dunia luar
6. Saling terbuka satu sama lain
7. Meningkatkan jiwa kekeluargaan
8. Meningkatkan kekeluargaan
ICare dalam budaya kerja
- Integrity, melaksanakan tugas dengan konsisten, nilai profesional, secara jujur, dan tanggung jawab.
- Compassion, memahami secara mendalam penderitaan orang lain, dan melibatkan diri semi keselamatan sesama.
- Assurance, segala sikap dan tindakan menjamin kualitas pelayanan yang dapat membangun kepercayaan dan kenyamanan pelanggan atau klien dalam bentuk solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.
- Respect, menghargai dan menghormati martabat orang lain tanpa melihat perbedaan. Hal ini untuk menjalankan tugas serta pelayanan kepada pelanggan.
- Embrace innovation, kemampuan untuk bekerja secara kreatif melampaui standar prestasi dan membuat ide baru untuk perubahan yang konstruktif.
Disadur dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2005) oleh Anwar Prabu, jenis-jenis budaya kerja terbagi menjadi:
- Budaya hierarki
- Budaya pasar
- Budaya adhokrasi
- Budaya kekerabatan
4 indikator budaya kerja
- Disiplin
- Keterbukaan
- Saling menghargai
- Kerja sama
Nah, sampai sini aja pembahasan tentang 'Budaya Kerja'. Jika ada pertanyaan atau tambahan bisa di kolom komentar ya. See u..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar