Budaya Kerja

Hai Felisass.. Kembali lagi bersama Lalisa yang cantik! Kali ini kita akan membahas tentang budaya kerja.

Definisi Budaya Kerja

Felas, kita sama-sama tahu, bahwa budaya merupakan seluruh hasil olah cipta, rasa, dan karsa manusia yang diturunkan kepada generasi berikutnya, sebagai bagian dari kehidupan sosial bermasyarakat, dan terjadi secara turun temurun. Bagaimana dengan budaya kerja sendiri?

Menurut para ahli

Banyak ahli, baik yang berasal dari akademisi, maupun praktisi memberikan definisi tentang budaya kerja. Di antaranya adalah:

1. Sulakso (2002) mengemukakan bahwa budaya kerja merupakan the way we are doing here atau sikap dan perilaku pegawai untuk melaksanakan tugas. Maka dari itu, setiap proses atau fungsi kerja harus memiliki perbedaan dalam bekerja yang mengakibatkan munculnya keberagaman nilai-nilai yang sesuai untuk diambil, dalam rangka kerja organisasi.

2. Triguno (2003) mengemukakan, bahwa budaya kerja merupakan suatu falsafah yang berlandaskan pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau organisasi, kemudian cerminan tersebut muncul dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat serta tindakan yang terwujud sebagai kerja atau bekerja.

Dari beberapa pengertian mengenai budaya kerja di atas, kita dapat menarik benang merah, bahwa budaya kerja, dapat diartikan sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang dikembangkan dalam suatu organisasi, guna menyelaraskan sikap, perilaku, dan aktivitas yang berlangsung dalam suatu organisasi (lingkungan kerja), agar terjadi suasana yang mengakar (positif) dalam lingkungan kerja tersebut.

Budaya kerja tentunya memiliki manfaat dalam dunia kerja nih Felas, berikut ini adalah manfaat-manfaatnya.

Manfaat budaya kerja

Tujuan dari budaya kerja yakni mengubah sikap dan perilaku sumber daya manusia agar dapat meningkatkan kinerja untuk menghadapi tantangan di masa datang. Beberapa manfaat dari budaya kerja, sebagai berikut: 

1. Meningkatkan jiwa gotong royong 
2. Meningkatkan kebersamaan 
3. Membangun komunikasi yang baik 
4. Meningkatkan kinerja 
5. Tanggap dalam perkembangan dunia luar 
6. Saling terbuka satu sama lain 
7. Meningkatkan jiwa kekeluargaan 
8. Meningkatkan kekeluargaan

ICare dalam budaya kerja

ICare adalah salah satu contoh budaya kerja yang berhasil diterapkan oleh perusahaan e-commerce pada umumnya. ICare sendiri merupakan singkatan dari: 
  •  Integrity, melaksanakan tugas dengan konsisten, nilai profesional, secara jujur, dan tanggung jawab.
  •  Compassion, memahami secara mendalam penderitaan orang lain, dan melibatkan diri semi keselamatan sesama.
  •  Assurance, segala sikap dan tindakan menjamin kualitas pelayanan yang dapat membangun kepercayaan dan kenyamanan pelanggan atau klien dalam bentuk solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.
  •  Respect, menghargai dan menghormati martabat orang lain tanpa melihat perbedaan. Hal ini untuk menjalankan tugas serta pelayanan kepada pelanggan.
  •  Embrace innovation, kemampuan untuk bekerja secara kreatif melampaui standar prestasi dan membuat ide baru untuk perubahan yang konstruktif.
Jenis budaya kerja
 
Disadur dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2005) oleh Anwar Prabu, jenis-jenis budaya kerja terbagi menjadi: 
  •   Budaya hierarki 
Budaya yang dibangun berdasarkan struktur pengorganisasian suatu lingkungan kerja yang memiliki sifat kontrol secara vertikal atau dari pimpinan ke bawahan.
  •   Budaya pasar 
Dibangun berdasarkan dinamika kompetisi serta kecenderungan yang muncul saat ini. Fokusnya pada posisi teratas dalam penjualan, pimpinan perusahaan, dan mengharapkan hasil.
  •  Budaya adhokrasi 
Perusahaan dengan budaya ini akan terus berinovasi dan saling berkompetisi untuk membuat perbaikan struktur hidup manusia untuk masa depan. Umumnya dilakukan untuk merespon revolusi industri 4.0.
  •  Budaya kekerabatan 
Budaya ini menjunjung kolaborasi, di mana masing-masing sumber daya manusia memiliki posisi yang sama dan menumbuhkan semangat kekeluargaan yang dinamis, aktif, dan satu.


4 indikator budaya kerja
  1. Disiplin
  2. Keterbukaan
  3. Saling menghargai
  4. Kerja sama

Nah, sampai sini aja pembahasan tentang 'Budaya Kerja'. Jika ada pertanyaan atau tambahan bisa di kolom komentar ya. See u..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar